Cara menemukan ponsel yang hilang

Anda meraih ponsel Anda dan menyadari bahwa itu bukanlah tempat Anda meninggalkannya. Dengan perasaan tenggelam, Anda menepuk-nepuk saku Anda, lalu mengobrak-abrik kamar Anda. Tetapi kebenarannya menetap: Perangkat kesayangan Anda hilang, dan Anda tidak tahu di mana Anda kehilangannya.

Sekarang kami mengandalkan ponsel cerdas kami untuk segalanya mulai dari memeriksa saldo bank hingga membuat posting sosial yang sempurna, kehilangan satu dapat membuat sakit kepala yang luar biasa. Dan kami tidak hanya berbicara tentang ketinggalan pembaruan Facebook. Tanpa komputer saku Anda, Anda kehilangan kontak dengan keluarga dan teman-teman Anda (yang mengingat nomor telepon lagi?), berisiko kehilangan komitmen kerja, dan membuat rencana perjalanan Anda kacau balau.

Dengan kata lain, Anda perlu memulihkan ponsel Anda yang hilang sesegera mungkin. Kabar baiknya adalah ponsel Anda memiliki aplikasi untuk membantu Anda. Berita buruknya adalah aplikasi ini perlu disiapkan terlebih dahulu.

Sebelum kita mulai, kami memiliki beberapa peringatan. Jika Anda membaca ini karena ponsel Anda hilang, tetapi Anda belum mengonfigurasi aplikasi pemulihan, kami tidak dapat membantu Anda (selain menawarkan saran biasa: lihat di tempat terakhir yang Anda ingat pernah melihatnya, dan tanyakan satu teman Anda untuk menghubungi nomor tersebut). Dan jika ponsel Anda dicuri, kami tidak menyarankan Anda melacaknya sendiri. Demi keselamatan Anda sendiri, hubungi lembaga penegak hukum setempat dan serahkan informasi apa pun yang disediakan oleh aplikasi pencari telepon Anda, daripada mengambil tindakan sendiri. Sekarang, mari kita mulai.

Cara menemukan iPhone yang hilang

Apple telah membangun alat pencari telepon langsung ke dalam sistem operasi iOS-nya. Aplikasi “Temukan Saya”, yang memungkinkan Anda melacak iPhone, iPad, atau perangkat Apple lainnya yang hilang, bergantung pada ID Apple Anda—jadi pastikan untuk mengingat kata sandi Anda atau mengamankannya di pengelola kata sandi yang bereputasi baik.

Untuk mengatur fitur ini, buka Pengaturan di iPhone Anda, ketuk nama Anda di bagian atas layar, lalu tekan entri menu yang mencantumkan iPhone Anda sebagai salah satu perangkat yang terhubung ke ID Apple Anda. Ketuk Temukan iPhone Saya untuk mengaktifkan fitur tersebut, dan pastikan Anda juga telah mengaktifkan sakelar sakelar di sebelah Kirim Lokasi Terakhir. Untuk memulihkan ponsel yang hilang, Anda juga harus memastikan bahwa ponsel Anda telah mengaktifkan Layanan Lokasi. Ini seharusnya sudah aktif, tetapi Anda dapat memeriksanya dengan membuka Pengaturan dan mengetuk Privasi, diikuti oleh Layanan Lokasi. Setelah Anda mengaktifkan pengaturan ini, Anda dapat melanjutkan kehidupan sehari-hari Anda… sampai iPhone Anda hilang dari kepemilikan Anda.

Layar berikutnya akan menampilkan peta, dengan titik yang menandai lokasi iPhone Anda, serta perangkat lain yang telah Anda daftarkan. Ketuk titik, dan Anda akan melihat tingkat baterai ponsel, serta tanggal dan waktu saat iPhone terakhir melaporkan posisinya. Jadi jika check-in terakhir terjadi beberapa waktu yang lalu, baterainya mungkin mati atau seseorang mungkin telah mematikannya. Dalam hal ini, lokasi di peta bisa jadi sudah ketinggalan zaman, karena ponsel tidak dapat melaporkan keberadaannya saat dimatikan.

Selain memeriksa dengan ponsel Anda, Cari Milik Saya memungkinkan Anda berinteraksi dengannya. Jika peta memberi tahu bahwa telepon Anda terkubur di suatu tempat di apartemen Anda, misalnya, Anda dapat mengklik Putar Suara untuk membuat telepon berdering (meskipun volume dimatikan).

Jika ponsel tampaknya melayang di tempat lain, Anda dapat mengambil tindakan yang lebih ekstrem dengan mengeklik Tandai Sebagai Hilang. Ini akan mengunci perangkat Anda dari jarak jauh dan menampilkan pesan pilihan Anda untuk orang asing yang mungkin mengambilnya di jalan atau di restoran. Ini juga akan mencegah ponsel melakukan pembelian Apple Pay.

Mengaktifkan mode ini seharusnya cukup untuk mencegah pencuri mengaksesnya. Tetapi jika ponsel Anda telah mencapai lokasi yang belum pernah Anda kunjungi, dan Anda khawatir data Anda akan jatuh ke tangan yang salah, Anda dapat menggunakan opsi Hapus Perangkat Ini sebagai upaya terakhir. Ini akan menghapus semua yang ada di ponsel Anda dari jarak jauh. Jadi, jika ponsel Anda tidak pernah kembali kepada Anda, Anda akan tahu bahwa data Anda aman. Di sisi lain, jika Anda mendapatkannya lagi, Anda dapat memulihkan perangkat dari cadangan iTunes atau iCloud.

Bagaimana menemukan ponsel Android yang hilang

Perangkat Android memiliki opsi Find My iPhone versi mereka sendiri. Pada stok Android, Anda dapat menemukannya dengan membuka Pengaturan dan mengetuk Google, lalu Temukan Perangkat Saya. Di sana, alihkan sakelar di bagian atas layar Anda untuk menyalakannya. Setelah Anda mengaktifkan ini, Anda akan dapat menemukan dan, jika perlu, menghapus perangkat Android Anda dari jarak jauh jika hilang.

Beberapa produsen Android menempatkan aplikasi pencari telepon mereka sendiri di perangkat mereka. Misalnya, Samsung memiliki program bernama Find My Mobile. Tetapi selama Anda telah mendaftarkan akun Google di ponsel Anda (dan Anda tidak lupa atau kehilangan kata sandi), Anda seharusnya dapat menggunakan opsi asli. Seperti halnya iPhone, Anda perlu mengaktifkan layanan lokasi perangkat Android Anda. Untuk memeriksa, buka Lokasi di Setelan.

Jika Anda kehilangan jejak Android Anda, rencana permainan Anda harus sangat mirip dengan pemilik iPhone yang hilang. Pertama, buka google.com/android/find di browser web apa pun, atau buka aplikasi Temukan Perangkat Saya di perangkat Android lain. Masuk ke akun Google Anda, dan Anda dapat melihat peta yang menunjukkan dengan tepat dari mana ponsel Anda terakhir kali melaporkan posisinya. Berikut trik rapi lainnya: Buka halaman utama Google dan ketik “di mana ponsel saya?” ke dalam kotak pencarian. Selama Anda masuk ke akun Google Anda, ini akan membuka peta yang menunjukkan ponsel yang sama.

Selain mengungkapkan lokasi perangkat Android Anda, halaman ini memberi Anda opsi lain. Pertama, Anda dapat membuat telepon berdering, bahkan jika disetel ke senyap, yang mungkin membantu Anda mengetahui bantal sofa mana yang jatuh di bawahnya. Dering berlangsung selama lima menit, yang akan memberi Anda banyak waktu untuk menyaring cucian kotor atau meraba-raba di bawah tempat tidur. Ingatlah bahwa lokasi di peta menunjukkan lokasi ponsel saat terakhir tersambung ke internet. Jadi, jika baterai di apartemen Anda mati, sebelum seseorang memindahkan telepon, Anda tidak akan menemukannya di dekat Anda bahkan jika peta menegaskan bahwa itu tepat di sebelah Anda.

Opsi lainnya ada di bawah tombol yang bertuliskan Pulihkan, dan itu akan membawa Anda langsung ke halaman Temukan Perangkat saya, tempat Anda dapat mengunci dan menghapus ponsel dari jarak jauh opsi yang sama yang Anda dapatkan dengan layanan Apple yang setara. Gunakan opsi Perangkat aman untuk keluar dari akun Google Anda di gadget yang hilang dan menguncinya. Anda juga dapat menyetel pesan agar muncul di layar kunci jika Anda merasa seseorang mungkin mengangkat telepon dan mengembalikannya kepada Anda. Selama terkunci, tidak ada yang bisa mengakses data Anda, kecuali jika kita berbicara tentang seseorang dengan keterampilan peretasan tingkat tinggi.

Terakhir, opsi Hapus perangkat tersedia jika ponsel Anda dicuri dan Anda ingin memastikan bahwa data dan aplikasi di dalamnya tidak akan rentan. Mengunci ponsel Anda dari jarak jauh seringkali cukup untuk mencegah orang keluar, tetapi jika Anda tidak akan pernah mendapatkannya kembali, atau berpikir seseorang mungkin telah melewati layar kunci, maka ini adalah opsi teraman. Ingatlah bahwa, kecuali Anda telah mencadangkan data Anda di tempat lain, ini akan menghapus informasi Anda selamanya.

Pencari telepon lainnya

Karena Apple dan Google telah menyediakan alat mereka sendiri yang komprehensif (alat yang juga dapat melacak perangkat Anda yang lain, seperti jam tangan pintar Android Wear dan Jam Tangan Apple ), pengembang pihak ketiga tidak terlalu terburu-buru untuk merilis aplikasi mereka sendiri di area ini. Tetapi mereka memang menyediakan beberapa opsi yang kami suka.

Cerberus, aplikasi anti-pencurian untuk Android, menawarkan penggunaan gratis selama seminggu dan kemudian memerlukan biaya berlangganan sebesar 5 euro per tahun, yaitu sekitar Rp86.488. Selain dapat melacak ponsel Anda di peta dan memicu speakernya, Cerberus memungkinkan Anda mengambil gambar dari kamera ponsel dan tangkapan layar layarnya. Ini mungkin membantu Anda mengetahui di mana ponsel Anda dan siapa yang memilikinya. Aplikasi ini juga dapat menampilkan pesan secara permanen untuk siapa pun yang mengangkat telepon Anda.

Prey Anti-Theft menawarkan layanan yang mirip dengan Cerberus, tetapi aplikasi ini berfungsi untuk perangkat Android dan iOS. Sekali lagi, Anda dapat melihat ponsel Anda yang terdaftar di peta, serta mengambil tangkapan layar dan gambar dan menampilkan pesan di layar. Kedua aplikasi juga dapat membunyikan alarm yang sangat keras. Prey Anti-Theft gratis hingga tiga perangkat. Upgrade Rp72.000 per bulan memberi Anda zona kontrol ekstra, yang berarti Anda akan menerima peringatan jika ponsel Anda meninggalkan area tertentu, dan opsi penghapusan jarak jauh tambahan. Dengan Rp216.220 sebulan, Anda dapat melacak 10 perangkat dengan zona kontrol tak terbatas.

Terakhir, jika Anda menggunakan Google Maps di iPhone atau Android, buka halaman timeline Anda. Ada kemungkinan bahwa Google Maps telah mencatat lokasi terakhir ponsel Anda, meskipun aplikasi pelacak ponsel utama tidak diaktifkan.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi dang merdu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *